Senin, 13 Juni 2016

Apakah Muntah Puasa Batal ?

19.42


Apakah Muntah Puasa Batal. sudah menjadi rutinitas tahunan umat muslim mengadakan puasa selama satu bulan penuh yang biasa disebut dengan syahr ramadhan. umat islam diseluruh dunia serempak menunaikan ibadah mulia ini untuk mengharapkan ridha Allah SWT dengan menahan makan, minum dan berhubungan badan di siang hari. berkaitan dengan hal itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk tahu ilmu puasa sebelum mengamalkan. muslim harus tahu apa saja hal yang membatalkan puasa atau perkara apa saja yang membuat puasa batal. seperti muntah saat sikat gigi apakah puasa batal ? bagaimana jika memuntahkan makanan dengan sengaja ? dan juga muntah karena hamil apakah membatalkan puasa ? pembahasan berkaitan dengan muntah saat puasa semoga dapat dipahami dengan baik setelah ini. namun sebelum itu akan dibahas sejenak mengenai hal yang berkenaan dengan doa buka puasa yang shahih seperti apa ? apakah sama dengan yang telah kita kerjakan sehari-hari ? bagaimana jika berbeda dengan doa yang kita panjatkan setiap berbuka puasa ? intinya hadits doa berbuka puasa dengan lafadz yang artinya "Ya Allah Untuk MU aku berpuasa dan dengan rizki MU aku berbuka" tidak shahih atau lemah. jadi seperti apa lafadz doa buka puasa yang benar dan artinya. silahkan baca Doa Buka Puasa yang Shahih.

bagi siapa saja yang tidak terbiasa naik kendaraan umum seperti kapal, pesawat, kereta api, bis, angkutan umum ataupun yang lainnya, ada kemungkinan untuk mengalami mabuk darat dimana kepala terasa pusing bahkan disertai muntah. bagaimana jika terjadi di bulan puasa, apakah muntah boleh membatalkan puasa ? sebelum dijelaskan hukum muntah puasa batal atau tidak, terlebih dahulu dipaparkan bahwa muntah ada dua yaitu tidak sengaja dan sengaja. muntah tidak sengaja adalah proses muntah yang terjadi bukan karena kehendak orang yang bersangkutan. jadi muntah tak sengaja diluar dari kemauan yang orang mengalami. seperti muntah saat hamil atau mengandung, muntah saat gosok gigi, muntah kerena mabuk kendaraan, muntah karena sakit dan yang semisal. adapun muntah disengaja adalah proses muntah yang diakibatkan dari kemauan atau keinginan orang yang bersangkutan. seperti orang yang memasukkan jarinya karena alasan apapun agar muntah dan juga orang yang terlalu banyak makan. Apakah muntah di bulan puasa batal baik sengaja atau tidak ? apakah benar muntah membatalkan puasa ?

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang hal yang berkaitan dengan muntah pada anak dan bayi, muntah darah, kuning in english, muntah setelah makan atau selepas makan. tidak juga akan menerangkan tentang bagaimana cara menghentikan muntah pada anak. akan tetapi yang akan dibahas pada saat ini adalah untuk menjawab pertanyaan apakah muntah membuat puasa batal atau muntah puasa batal gak ? muntah mana yang menyebabkan puasa batal, muntah tidak sengaja atau sengaja ataukah keduanya ? atau bahkan kedua jenis muntah tidak membatalkan puasa ? jawaban Apakah Muntah Puasa Batal setelah ini.
Muntah Puasa Batal atau Tidak
ilustrasi

Apakah Muntah Puasa Batal ?

diantara hadits yang menerangkan tentang muntah membatalkan puasa atau tidak adalah sebagai berikut yang artinya "Barangsiapa yang muntah tanpa disengaja maka tidak wajib Qodho' baginya. Dan barangsiapa yang muntah dengan sengaja, maka ia wajib Qodho puasa." hadits ini diriwayatkan oleh Al-Hakim di dalam Al-Mustadrak no.1597 dari Abu Hurairah. dan Al-Hakim berkata, "Hadits ini Shohih sesuai dengan syarat imam Bukhari dan imam Muslim, namun keduanya tidak mengeluarkannya).
Muntah Puasa Batal atau Tidak
hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah
hadits ini diriwayatkan juga oleh At-Tirmidziy no. 720, Ibnu Majah no. 1676, An-Nasa’iy dalam Al-Kubra 3/317 no. 3117, Ad-Darimiy no. 1770, Al-Bukhariy dalam At-Tarikh Al-Kabir 1/91, ‘Abdullah bin Ahmad dalam Zawaid Musnad Ahmad 2/498 dan lainnya. semuanya dari jalan ‘Isa bin Yunus, dari Hisyam bin Hasan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah secara marfu’.

Para ulama berbeda pendapat tentang hadits diatas tentang Apakah Muntah Puasa Batal. Ada ulama yang menguatkan dengan menshahihkan dan ada pula yang melemahkan dengan ta’lil. Diantara ulama yang menguatkan hadits ini adalah Ad-Daraquthniy rahimahullah, yang berkata : “Para perawinya semuanya tsiqaat” [As-Sunan, 3/154]. juga Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim menshahihkan dalam kitabnya. Abu Dawud menyebutkan dalam kitab Sunan-nya tanpa mengomentarinya. Dishahihkan pula oleh An-Nawawiy, Ibnu Taimiyyah, Adz-Dzahabiy, dan yang lainnya. juga dishahihkan oleh As-Syaikh Al-Albani rahimahullah di dalam Al-Irwa’ no. 930. adapun ulama yang melemahkan dengan ta'lil dijelaskan di abul-jauzaa.blogspot.co.id.

Para alhi fiqih sepakat bahwa orang yang muntah tanpa sengaja maka tidak ada qodho’ atasnya, dan mereka berbeda pendapat tentang orang yang muntah dengan sengaja. Maka yang benar in sya Allah adalah ijma’ hanya dalam permasalahan tidak batal orang yang muntah tanpa sengaja, adapun dalam permasalahan batalnya puasa orang yang muntah dengan sengaja maka tidak terjadi ijma’, melainkan pendapat jumhur ulama. Lihat Syarhul Bukhari, Ibnu Baththol, 4/80.

kesimpulan

- muntah tidak disengaja puasa nya tidak batal.
- ada perbedaan dalam muntah disengaja puasa nya batal atau tidak namun menurut jumhur ulama puasanya batal. wallahu'alam.

demikian artikel mengenai Apakah Muntah Puasa Batal atau tidak dan baca juga Cara Edit Video Terbalik Mudah. semoga sukses. artikel ini diambil dar iberbagai sumber diantaranya sofyanruray.info

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top