Jumat, 10 Juni 2016

Doa Buka Puasa yang Shahih

00.21


Doa Buka Puasa Shahih. sebagai muslim yang memeluk agama Islam sejak kecil tentu sudah terbiasa dengan amal ibadah yang menjadi kewajiban rutinitas sehari-hari. mulai dari sholat, puasa dan zakat. mulai dari doa masuk kamar mandi sampai doa akan tidur sudah menjadi pelajaran kehidupan. tidak hanya di sekolah tapi ketika mengaji di masjid atau musholla juga diajarkan kembali tentang menjaga bagaimana cara bersuci sampai mengenai tata cara sholat dan puasa. semua dipelajari dan menjadi tuntunan untuk diamalkan. begitu juga dengan doa atau niat berbuka puasa. shahih atau salahnya setiap amal ibadah yang dikerjakan tergantung pada dalil shahih atau tidak yang dijadikan sandaran. pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang doa berbuka puasa dalil shahih. namun sebelum itu akan dijelaskan sejenak tentang artikel sebelumnya bahwa hadits tidur saat puasa. jika masih ada anggapan bahwa orang yangpuasa namun lebih banyak menghabiskan waktu siangnya untuk tidur saja karena tidurnya orang puasa adalah ibadah. artikel sangat cocok karena ternyata dalil hadits yang menyatakan bahwa tidurnya orang puasa adalah palsu disebabkan beberapa perawi yang dilemahkan atau dinilai dusta oleh para ahli hadits. info lebih lengkap silahkan baca Hadits Tidurnya Orang Puasa Ibadah.

karena telah diajarkan dari sejak kecil tentu kita hafal diluar kepala seputar kumpulan sehari-hari yang menjadi rutinitas. seperti doa masuk kamar mandi, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bagun tidur, doa setelah wudlu dan sholat, doa kebaikan dunia dan akhirat, doa untuk kedua orang tua serta masih banyak lagi doa lainnya. kita umumnya masih beranggapan bahwa doa yang diucapkan setiap hari adalah benar sampai saat ini. namun jika kita belajar dan mengkaji lebih lanjut ada doa yang setelah ditelusuri ternyata tidak shahih. contohnya adalah doa buka puasa ramadhan, senin kamis, rajab atau sunnah lainnya. mungkin ada yang kaget namun jangan khawatir ini merupakan pelajaran berharga untuk kembali kepada amalan yang didasari dalil yang paling shahih menurut Rasulullah SAW. lebih lanjut tentang dalil Doa Buka Puasa Shahih akan dijelaskan lebih lanjut setelah ini.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas hal yang berkaitan dengan doa iftitah atau setelah sholat tarawih, dhuha, tahajud dan juga tidak sedang menerangkan tentang download gambar dalil niat doa sahur puasa, selamat untuk orang sakit, niat doa puasa qadha bayar hutang, rumi, ramai. akan tetapi akan menjelaskan hal yang berkenaan dengan Doa Buka Puasa Shahih atau dengan kata lain doa berbuka puasa yang diambil dari dalil hadits shahih menurut para ahli hadits. Doa berbuka Puasa yang Shahih menurut Rasulullah SAW ini bersifat umum untuk semua puasa seperti doa buka puasa ramadhan, ganti atau qadha, senin kamis, rajab, nazar, bayar hutang puasa tahun lalu atau puasa sunat lainnya.
Doa berbuka puasa
ilustrasi

Doa Buka Puasa Tidak Shahih

mestinya sering terdengar hadits yang artinya : "ya Allah untuk MU aku berpuasa dan dengan rizki MU aku berbuka."
dalam lafadz yang lebih lengkap sebagai berikut, dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi SAW. berbuka puasa, beliau membaca, ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka). (lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud, Kitab ash-Shaum, Bab al-Qaul ‘inda al-Ifthar, hadits no. 2358).

Hadits Doa Buka Puasa diatas diriwayatkan Abu Daud dan dinayatakan dhaif oleh Syekh al-Albani dalam kitab Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud no. 510. Beliau mengatakan: "Hadits ini lemah sanadnya disamping karena mursal juga perawinya Muadz bin Zahrah majhul (tidak dikenal), lihat Irwaul Ghalil (4/38). selain itu, Mu’adz adalah tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (terputus). Hadits mursal adalah hadits dhaif karena sanadnya terputus. selain itu, dalam kitab Al Adzkar An Nawawiyyah yang ditulis Imam Nawawi dan di kitab Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu ditulis oleh Syeikh Wahbah Zuhaili, juga disebutkan bahwa doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud secara mursal dari Mu’adz bin Zuhrah. (Imam Nawawi, Al Adzkar An Nawawiyyah, hlm.162; Wahbah Zuhaili, Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu, Juz 3 hlm. 46).

Hadits Doa Berbuka Puasa ini juga diriwayatkan Ath Thobroni dari Anas bin Malik. Namun sanadnya ada perawi dhaif yaitu Daud bin Az Zibriqon, dia perawi matruk (yang dituduh berdusta). Al-Hafidz ibnu Hajar mengatakan: “Sanad hadis ini dhaif, karena disana ada Daud bin Az-Zibriqon, dan dia perawi matruk.” (At-Talkhis Al-Habir, 3:54). selain  itu, Ibnu Sunni juga meriwayatkan dalam kitab Amalul Yaumi wal Lailah dari Ibnu Abbas RA. no:481 dan Abu Dawud no: 2358. di sanadnya ada Abdul Malik bin Harun bin Antarah yang dilemahkan oleh Imam Ahmad dan Ad-Daruquthni. Abu Hatim berkata: dia matruk (ditinggalkan). Ibnu Qayyim berkata dalam Zadul Ma’ad 2/51: hadits ini tidak benar).

Doa Buka Puasa Shahih

adapun doa berbuka puasa dalil hadits shahih yang berasal dari Rasulullah SAW. adalah yang artinya : "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki."
Doa berbuka puasa
Hadits Doa Buka Puasa Shahih diatas diriwayatkan Abdullah bin Umar RA. dia berkata, Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau mengucapkan "Dzahaba Dzoma’u Wabtallatil ‘Uruuqu Wa Tsabatal Ajru In sya Allah." [Hadits shahih, Riwayat Abu Daud (2/306, no. 2357) lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678]. selain itu, diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis Doa Berbuka Puasa ini dinilai hasan oleh Al-Albani dalam kitab Sunan Abi Dawud, no. 2066.

Bagaimana hukum berdoa dari lafadz hadits dhaif ?
setiap muslim boleh berdoa dengan permintaan apa saja yang diinginkan untuk kebaikan dunia dan akhiratnya. namun sebaiknya mengamalkan doa yang Nabi SAW. amalkan. doa ini kita dapatkan dari hadits shahih, hal ini karena Nabi SAW. adalah contoh dan teladan terbaik untuk umatnya.

Kesimpulan

- Nabi Muhammad SAW. adalah contoh terbaik umat Islam dalam segala hal. termasuk doa
- Doa Buka Puasa yang Shahih adalah Dzahaba Dzoma’u Wabtallatil ‘Uruuqu Wa Tsabatal Ajru In sya Allah

demikian artikel tentang Doa Buka Puasa Shahih yang diambil dari dalil hadits shahih menurut Rasulullah SAW. dan baca juga cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum. semoga sukses. tulisan ini dasarikan dari banyak sumber termasuk muslimah.or.id

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top