Minggu, 19 Juni 2016

Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana ?

12.29


Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana. mungkin banyak diantara kita yang punya pengalaman di bulan puasa ramadhan ini atau tahun sebelumnya yaitu tentang puasa sahur time yang terlewat karena kesiangan bangun. kebanyakan dari kita telat bangun karena begadang sehingga terlambat tidur, entah karena urusan penting yang berkaitan dengan lembur kerja atau kegiatan lainnya yang sedang menjadi wabah kawula muda bahkan juga orang lanjut yaitu nonton bola. terus yang menjadi pertanyaan, puasa tidak sahur sah atau tidak ? dan bagaimana juga jika puasa sunat tidak sahur atau puasa wajib tanpa sahur ? jawaban atas hal ini akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini. namun sebelum itu akan diterangkan sejenak tentang artikel sebelumnya yaitu bagaimana lafadz doa malam lailatul qadar dan bagaiman juga tanda atau ciri malam lailatul qadar menurut hadits shahih. sebagaimana yang telah diketahui malam lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan yang tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengamalkan amal ibadah semaksimal mungkin. doa yang dianjurkan dibaca pada malam itu yaitu Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang minta maaf, maka maafkanlah aku). bagaimana dengan tanda-tanda nya ? info lengkap baca Doa Malam Lailatul Qadar.

mungkin sekarang lagi heboh pertandingan sepak bola UEFA Euro 2016 france yang diadakan di perancis  dari tanggal 10 juni sampai 10 juli 2016. sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang muda bahkan yang lebih tua juga tidak sedikit, disuguhi pertandingan bola di tv yang banyak pada jam nanggung yaitu jam 23.00 sehingga selesai jam setengah satu. untung jika sekali dayung dua pulau terlampaui yakni nonton bola sambil sahur sekalian. bagaimana jika tidak makan sahur dan jam 1 baru tidur maka kemungkinan besar akan telat bangun sahur atau bahkan bablas sampai subuh. ini juga masih mending karena masih bisa sholat subuh, bagaimana jika keterusan sampai jam 8 atau 9 pagi ? ini yang perlu mendapat perhatian. sebaiknya kita bijak dalam memanfaatkan waktu dengan baik mumpung ini adalah bulan puasa ramadhan. akan sangat sayang sekali jika lebih banyak waktu malam digunakan untuk nonton bola terlebih lagi pada sepuluh malam terakhir. semoga kita termasuk orang yang dapat memaksimalkan bulan ramadhan dengan amal ibadah. lantas Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana ?

mohon maaf pada saat ini tidak sedang menerangkan hal yang berkaitan dengan bagaimana hukum puasa tidak niat atau tanpa niat karena kesiangan dan manfaat puasa bagi kesehatan. juga tidak sedang menjelaskan mengenai bacaan atau doa sahur puasa maupun tips puasa tidak sahur. akan tetapi akan membahas masalah yang berhubungan dengan Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana atau puasa tidak bangun sahur. ini berlaku untuk puasa sunnah seperti puasa ganti karena berhalangan pada hari ramadhan, daud, ayyamulbidh (tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan qomariyah), puasa senin kamis, puasa bulan rajab, syawal, arafah dan puasa sunat lainnya. juga berlaku untuk puasa ramadhan atau wajib.
puasa tanpa sahur dan niat
ilustrasi - dari ciricara.com

Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana ?

jika masih ada orang yang beranggapan orang yang tidak sahur maka puasa nya batal, ini perlu diluruskan. adapun orang yang sengaja membatalkan puasa karena tidak bangun sahur maka terkena dosa besar karena tidak sahur bukan alasan yang menyebabkan puasa batal. dengan kata lain sahur bukan termasuk syarat sah puasa jadi puasa tidak sahur sah. berdasarkan hadits dari Ummul Mu'minin Aisyah RA.
puasa tanpa sahur dan niat
hadits diriwayatkan dari Aisyah
Aisyah RA. ia berkata : “Pada suatu hari, Rasulullah SAW. bertanya kepadaku: “Wahai Aisyah, apakah kamu mempunyai makanan?” Aisyah menjawab, “Tidak, ya Rasulullah.” Beliau bersabda: “Kalau begitu, aku akan berpuasa.”(H.R. Muslim No. 1950). hadits menunjukkan bahwa Rasulullah SAW. ingin memakan suatu makanan namun karena tidak mendapatkan makanan maka Nabi SAW. berpuasa meskipun tidak sahur pada malam harinya. terlepas dari itu, hadits ini juga menunjukkan bolehnya puasa walaupun tidak melakukan niat pada malam harinya. namun ini khusus puasa sunnah saja bukan puasa wajib. hal ini berbeda hukumnya jika puasa wajib atau puasa ramadhan yang mengharuskan niat di malam harinya. lebih detail masalah niat semoga dapat diulas pada artikel lain. kali ini akan membahas jawaban Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana.
puasa tanpa sahur dan niat
hadits makan sahur
hadits lain yang menunjukkan bahwa hukum bangun sahur adalah sunnah atau dianjurkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi SAW. bersabda :  “Makan sahurlah karena di dalam makan sahur terdapat keberkahan” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095). Al Hafidz Ibnu Hajar menukilkan ijma' atas kesunnahannya dalam kitabnya Fath Al Bary (3/139). jadi hukum puasa ganti tidak sahur atau puasa sunat tidak sahur maka tetap sah puasanya, begitu juga dengan puasa wajib atau ramadhan dengan syarat telah berniat puasa pada malam harinya. namun tidak mendapatkan keberkahan sahur.

Kesimpulan
- Puasa Sunnah tanpa sahur tetap sah.
- Puasa Ramadhan tanpa sahur tetap sah.
- puasa tanpa sahur tidak mendapatkan keberkahan makan sahur.

demikian artikel tentang Puasa Tidak Sahur Hukumnya Bagaimana semoga kita tetap semangat menjalankan puasa ramadhan dan baca juga Cara Membuat Foto 3x4. semoga sukses. artikel diambil dari berbagai sumber salah satunya adalah seteteshidayah.wordpress.com.

4 komentar:

  1. jadi sebaiknya kita makan sahur ya, biar tambah barokah gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar lebih baik makan sahur agar barokah dan in sya
      Allah tidak cepat lapar ketika siang hari

      Hapus
  2. Di Suriah, di sana tidak sahur juga tidak buka puasa ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saudara kita yang berada di suriah dimudahkan
      dalam berjuang melawan kedzoliman rezim. mari kita
      sisipkan doa untuk mujahidin dan muslimin di suriah atau
      palestina dalam setiap doa kita.

      Hapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top