Rabu, 15 Juni 2016

Doa Malam Lailatul Qadar

13.14


Doa Malam Lailatul Qadar. bagi setiap muslim tentu tidak asing dengan yang namanya malam lailatul qodar artinya suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan sebagaimana telah diterangkan kelebihan nya dalam AlQur'an. setiap amal ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba di malam tersebut pahala nya dilipatgandakan dalam jumlah yang sangat banyak. oleh karena itu tanda malam lailatul qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia untuk mendapatkan ampunan dan pahala yang berlimpah di bulan ramadhan. banyak hal yang dapat dilakukan yaitu sholat malam, tilawah AlQur'an, dzikir, i'tikaf di masjid, doa dll. namun sebelum itu akan dijelaskan sebentar mengenai muntah saat puasa apakah membatalkan puasanya atau tidak. sebagaimana yang telah diketahui bahwa muntah ada 2 macam yaitu muntah tidak disengaja dan disengaja. maka muntah manakah yang menyebabkan puasa batal ? dari beberapa hadits yang telah diutarakan bahwa jika seseorang mengalami muntah tak disengaja seperti yang dialami ibu hamil, muntah karena sikat gigi, mabuk kendaraan dan seterusnya. tapi bagaimana hukum muntah disengaja apakah membatalkan puasa ? silahkan baca Apakah Muntah Puasa Batal ?

pada bulan ramadhan kali ini sebaiknya kita bersama-sama mencari malam lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan untuk melaksanakan amal ibadah semaksimal mungkin. jika menemui tanda Malam Lailatul Qadar yang harus dilakukan adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan amal ibadah pada malam tersebut karena banyak keutamaan dan hikmah didalamnya. ini merupakan kabar gembira bagi setiap umat Islam di seluruh dunia ketika memasuki bulan puasa ramadhan namun bagaimana Malam Lailatul Qadar bagi wanita haid ? jika anda berada pada posisi tersebut maka anda dapat memperbanyak Doa Malam Lailatul Qadar dan juga muroja'ah hafalan AlQuran. sebagaimana telah dibolehkan bagi wanita haid membaca Al Qur’an menurut pendapat ulama paling kuat karena tidak ada dalil yang melarang hal ini. Namun, seharusnya membacanya tidak menyentuh mushaf Al Qur’an. (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 10: 209-210).

mohon maaf pada kesempatan sekarang ini tidak sedang membahas hal yang berkaitan dengan malam lailatul qadar menurut nasa di mekah atau imam ghazali dan tidak juga sedang menerangkan Doa Malam Lailatul Qadar 2016 atau 2015 rumi, pertama jumat atau minggu, minggu miko movie, biru chord lirik. akan tetapi yang kan dibahas adalah Doa Malam Lailatul Qadar dan tanda tanda nya. sehingga diharapkan dapat memaksimalkan waktu bulan puasa ramadhan yang tersisa ini dengan banyak amal ibadah khususnya di sepuluh hari terakhir syahr ramadhan pada malam ganjil. karena berdasarkan hadits shahih, Nabi SAW menyatakan bahwa Malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal 21, 23, 25, 27, 29 dari bulan ramadhan atau malam ganjil.
tanda Malam Lailatul Qadar
ilustrasi - dari dakwatuna.com

Doa Malam Lailatul Qadar Sesuai Sunnah

sebagaimana yang telah banyak diketahui bahwa ada doa khusus yang diajarkan oleh nabi SAW kepada umat islam melalui hadits ummul mu'minin Aisyah RA, yaitu ketika beliau bertanya kepada suaminya tentang doa yang akan diucapkan ketika bertemu malam lailatul qadar.
Tanda malam Lailatul qadar
Doa malam Lailatul Qadar dari riwayat Aisyah
lebih lengkap diriwayatkan dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, yaitu jika ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, maka doa apa yang mesti kuucapkan?” Rasul SAW. mejawab, “Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang minta maaf, maka maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

oleh karena itu maka hendaknya pada 10 malam terakhir bulan ramadhan hendaknya memperbanyak amal ibadah seperti sholat malam, tilawah AlQur'an, dzikir, Doa Malam Lailatul Qadar dan i'tikaf di masjid. pada malam lailatul qadar apakah harus di masjid ? Nabi SAW. telah memberikan contoh dengan melakukan i'tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa ramadhan begitu juga istri-istri Beliau mengamalkan sepeninggal Nabi SAW. jadi selayaknya kita umatnya juga mengamalkan i'tikaf di masjid. bagaimana jika tidak bisa ? hukum i'tikaf tidak wajib tapi sunnah jadi tidak dosa jika meninggalkannya. namun sebaiknya tetap memaksimalkan pada malam lailatul qadar kapan saja dengan amal ibadah sebaik mungkin.

Ciri ciri Malam Lailatul Qadar

berdasarkan hadits shahih ada tanda malam lailatul qadar yang lebih baik daripada seribu bulan yaitu :
1- dimana matahari pada pagi hari setelah malam lailatul qadar terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar. sebagaimana diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab RA, ia berkata, “Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Muslim no. 762)

2- pada waktu malam tidak panas dan tidak dingin, matahari di pagi harinya tidak begitu cerah nampak kemerah-merahan. sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW. bersabda, “Lailatul qadar adalah malam penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18: 361. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 5475)

Kesimpulan

- hendaknya memperbanyak amal ibadah pada malam lailatul qadar salah satunya dengan doa.
- diantara tanda malam lailatul qadar adalah pada waktu malam tidak panas dan tidak dingindan pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar.

demikian artikel Doa Malam Lailatul Qadar juga tanda-tanda, semoga dapat memaksimalkan dengan amal ibadah sebaik-baiknya dan baca juga Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu. semoga sukses. artikel ini berasal dari beberapa sumber salah satunya adalah rumaysho.com

3 komentar:

  1. Semoga tahun ini juga bisa mendapatkannya kembali, udah 3 tahun berturut-turut mendapatkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita semua mendapatkan lailatul qodr 2016. terima kasih atas kunjungannya di artikel tanda malam lailatul qadar

      Hapus
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top