Kamis, 18 Juni 2015

Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib

19.47


Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib. pada bulan ramadhan kali ini jangan sampai tidak menambah amal kabaikan. bulan suci kali harus lebih baik dari syahru ramadhan sebelumnya. paling tidak itulah yang dapat kita niatkan untuk menyongsong bulan yang penuh berkah dan ampunan ini. tidak hanya pahala yang dilipatgandakan balasannya di akherat kelak tapi juga ampunan. oleh karenanya mari kita perbanyak mohon ampun kepada Allah SWT yang telah memberikan kepada kita kesempatan menikmati indahnya bulan puasa yang penuh hikmah ini.

seiring datang bulan ramadhan banyak pula pertanyaaan yang ada di benak kita mengingat pentingnya memahami ilmu sebelum melakukan suatu amalan. begitu juga dengan puasa, keharusan memahami ilmu tentang puasa sebelum datang kewajiban puasa pada diri kita. disamping itu juga pentingnya peningkatan ilmu dari hari ke hari. maka pada bulan puasa kali ini kita harus lebih memantapkan ilmu tentang seluk beluk ibadah puasa sehingga diharapkan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan berbekal ilmu yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. seperti Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib. ini pertanyaan sederhana namun jika tidak banyak belajar dan membaca, mungkin akan menjadi soal yang sulit.

ada banyak pertanyaan seputar ibadah puasa di bulan ramadhan ini yang perlu dipelajari dengan benar dan sungguh-sungguh. mungkin banyak orang mengira itu pertanyaan sepele namun jarang diantara kita yang belum memahami atau tidak mengerti. misalnya sahkah puasa jika tidak mandi wajib atau apakah sah puasa sebelum mandi junub (mandi karena keluar air mani). ada juga pertanyaan apakah sah puasa tanpa sahur. apakah sah puasa terlupa niat dan apakah sah puasa jika tidak sembahyang (sholat) serta abnyak pertanyaan lainnya. sungguh ini merupakan ilmu penting sebagai bekal menjalankan puasa. sekarang tes pengetahuan kita, Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang apakah sah nikah saat hamil atau menikah semasa hamil. tidak juga menjelaskan nikah tanpa wali, cerai tanpa niat, talak melalui sms, sholat jika bertato. akan tetapi yang akan diuraikan saat ini adalah untuk menjawab pertanyaan Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib. mengingat masih banyak diantara kita yang tidak tahu sah atau tidak puasa jika tidak mandi wajib. karena ketidak tahuan sehingga ada yang tidak puasa karena ketiduran setelah hubungan badan dan belum sempat mandi junub juga sudah masuk waktu shubuh.
Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Junub
ilustrasi - patdolanplumbing.com

Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib

puasa belum mandi wajib hukumnya sah dan tidak batal. jadi bagi siapa saja diantara kita atau ada teman kita yang bertanya apakah sah puasa tidak mandi wajib maka jawabannya adalah sah puasanya. hal ini berbeda jika puasa belum mandi wajib haid karena suci dari haid dan nifas adalah syarat sah puasa. sedangkan suci dari hadas besar atau kecil tidak menjadi syarat sah puasa seseorang. adapun dalil yang menyatakan bahwa sah puasa jika tidak mandi wajib adalah hadits dari ummul mukminin Aisyah radhiallahu'anha, dia berkata bahwa "Nabi shallallhu 'alaihi wa sallam memasuki waktu shubuh sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. kemudian beliau mandi dan berpuasa." (HR. Bukhari 1962 dan Turmudzi 779).
Sah Puasa Jika Belum Mandi Junub
hadits ummul mukminin Aisyah

dalil kedua sebagai jawaban Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib, diceritakan oleh ummul mukminin Ummu Salamah radhiallahu'anha, dia berkata "sesungguhnya Rasulullah SAW sendiri pernah masuh subuh dalam keadaan ia berjunub hasil 'bersama dengan istrinya' dan bukan mimpi, kemudian baginda tidak berbuka dan tidak pulan mengganti puasanya (menunjukkan puasa sah)." (Riwayat Muslim 2/780).
Sah Puasa Jika Belum Mandi Junub
hadits ummul mukminin Ummu Salamah

Sah Puasa Jika Belum Mandi Junub

berdasarkan dalil yang disampaikan oleh ummul mukminin Aisyah dan Ummu Salamah radhiallahu'anhuma diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sah puasa tanpa belum mandi wajib atau sah puasa dalam keadaan junub. sehingga jika ada orang yang belum mandi junub sampai memasuki waktu subuh maka sah puasanya dan dapat dilanjutkan sampai maghrib. hal ini berlaku juga bagi orang keluar air mani tapi belum mandi, orang yang onani atau masturbasi namun belum mandi besar. begitu juga sah puasa belum mandi wajib haid. demikian jawaban atas pertanyaan Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib.

catatan : semua penyebab yang mewajibkan mandi junub baik hubungan suami istri, onani atau masturbasi, suci haid pada malam hari, terjadi pada malam hari bukan siang hari. karena jika terjadi pada siang hari maka puasanya batal. hal ini berbeda dengan mimpi basah di siang hari, tidak batal puasanya karena kejadian tersebut diluar kehendaknya. namun tetap harus mandi wajib jika keluar air mani. inilah catatan penting yang berhubungan dengan materi Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib.

kesimpulan

- sah puasa kalau belum mandi wajib namun sudah masuk waktu subuh
- segera mandi setelah bangun untuk sholat subuh

demikian artikel tentang  jawaban atas pertanyaan Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib. semoga bermanfaat dan baca juga posting Cara Merubah PDF ke Powerpoint Mudah.

58 komentar:

  1. Kebanyakan intro.. to the point aja..

    "seiring datang bulan ramadhan banyak pula PERTANYAAN yang ada di benak kita"
    "ada banyak PERTANYAAN seputar ibadah puasa di bulan ramadhan ini yang perlu dipelajari dengan benar dan sungguh-sungguh"

    Ribet kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya seputar mandi wajib selepas
      subuh. kritik ini menjadi masukan yang sangat berarti.
      terima kasih juga sudah mampir

      Hapus
  2. Terlalu bertele tele ni artikel.. bikin males bacanya..
    mending lewat deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf jika agak panjang. tips mudah, silahkan baca dari sub judul sampai kesimpulan. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
    2. Ya gpp gan bertele, mungkin maksudnya menjelaskan lebih rinci, setidaknya adminnya udh niat buat nulis dan kasih info yg bagus :)

      Jadi kita hargai setiap tulisan ini karena udh nulis blog tanpa copas :)

      Hapus
    3. terima kasih banyak atas komentar nya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. terima kasih juga sudah mampir di artikel puasa mandi
      besar setelah subuh

      Hapus
  4. Balasan
    1. terima kaih juga atas kunjungannya di artikel puasa mandi
      wajib selepas subuh.

      Hapus
  5. Berbnyak Terima kasih en bloger

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah mampir di artikel mandi wajib puasa ramadhan

      Hapus
  6. Walaupun penjelasannya agak panjang, tapi ane paham.
    Setelah baca dari beberapa artikel, kesimpulannya sama juga.
    Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak atas komentar dan kunjungannya di artikel mandi wajib bulan puasa.

      Hapus
  7. Maaf sya masih blurrr..adakah maksudnya sah puasa kalau belum mandi wajib sehingga siang? Bagaimana pula kalau tertidur semula lantas terlepas waktu subuh, iaini matahari sudah terbit masih sah puasanya?
    Walaubagaimana pun sya pernah terbaca di lain blog, di unjurkan secepatnya mandi wajib karena dengan berhadas, kita tak boleh menunaikan solat fardhu..persoalannya andai sudah siang, harus berbuka atau terus berpuasa dah secepatnya mandi? Terima kasih untuk info blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini ada beberapa hal yaitu puasa, mandi wajib dan sholat. pertama, telah dijelaskan diatas bahwa sah puasa jika belum mandi wajib meskipun sudah masuk subuh. maka lekas mandi dan sholat. kedua, sholat subuh ketika matahari terbit karena tertidur. maka lekas mandi kemudian sholat. ketiga, apakah sah puasa jika mandi wajib saat matahari terbit karena tertidur? puasanya sah. waktu puasa dimulai saat subuh, jika saat subuh mandi wajib boleh dan puasanya sah begitu juga ketika matahari terbit. tentu sebaiknya setelah berhadas segera mandi. wallahu'alam

      Hapus
  8. Kalo mandinya jam 7 lewat bagaimana wajib apa tdk puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mirip dengan pertanyaan Iza ~ LaB coRNer. permulaan waktu puasa ketika masuk waktu subuh. jika setelah masuk subuh mandi besar dibolehkan dan puasa nya tetap sah maka begitu juga ketika waktu lain misalnya jam 7 lewat. yang jadi pertanyaan, kenapa mandinya jam 7? sebaiknya mandi wajib disegerakan.

      Hapus
    2. karna mandi nya jam 7 di akibatkan diri kita sendiri malas mandi pada subuh hari.dan dalam keadaan mengerti.jika mandi nya junud pada jam 7 pagi juga apakah masih sah gan.

      Hapus
    3. permasalahan nya ini mimpi basah gan.??? sah tidak puasanya jika mandi junub setelah bangun tdr jam 7 pagi lewat.hehehe

      Hapus
    4. jika mandi junub pada jam 7 karena malas maka terkena dosa besar karena meninggalkan sholat subuh, lebih besar dari dosa berzina. ingat orang tua sering berpesan, jangan meninggalkan sholat.
      mandi junub saat puasa di siang hari karena mimpi basah maka sah puasa nya. info lengkap silahkan baca Hukum Mimpi Basah saat Puasa.

      Hapus
  9. mohon pencerahan,jika berpelukan dengan bukan muhrim hanya bercanda candaan tanpa maksud melampiaskan nafsu syahwat,ga sengaja tertempelnya kemaluan kita berdua tapi masih terlindungi celana, akhirnya terangsang jga kemaluan kita ( tidak sampai keluar air mani),bagaimana akibatnnya terhadap puasa yang sedang kita jalankan ? syah atau menjadi tidak syah puasa saat itu...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kejadian nya terjadi saat sebelum berbuka puasa ..mohon pencerahan agan gan ?terima kasih

      Hapus
    2. tanggung ka lanjut aja :)

      Hapus
    3. @asri, mm maaf nih yang dilanjutkan puasanya gitu...? jadi masih syah ya ,teirms

      Hapus
    4. jika tidak keluar air mani maka puasa nya tidak batal, kecuali jima' walaupun tidak keluar mani tetap membatalkan puasa. namun merusak pahala puasa jika khalwat (berduaan, ini dosa), bersentuhan tangan atau anggota badan lain (juga dosa), memperturutkan syahwat (dosa lagi), perkataan kotor (dosa juga).
      sebaiknya tidak pacaran tapi menikah. pacaran setelah menikah recommended. jika tidak bisa, lebih baik pisah sementara sambil menunggu nikah dengan menyiapkan ilmu dan kualitas diri. wallahua'lam

      Hapus
  10. Banyak baca,jadi banyak tau..
    Thx admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bermanfaat. terima kasih sudah mampir di artikel mandi junub puasa ramadhan.

      Hapus
  11. Terima kasih infonya. Sungguh memberi manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  12. Makasih infony gan , tapi ane mau tanya nih
    Kalo ngelakuin masturbasi disianghari di bulan ramadhan , harus kah mandi junub pada siang itu juga? Atau gimana? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, orang yang melakukan onani atau mesturbasi jika keluar air mani maka wajib mandi junub namun jika tidak keluar air mani maka tidak wajib mandi.

      Hapus
    2. Sama ni gan, misalnya sengaja mau mandi wajibnya jam 7 atau 8 aja, apakah masih sah puasanya?.

      Hapus
    3. berarti sengaja tidak melakukan sholat subuh pada waktunya. ini merupakan dosa besar. sebaiknya tidak menyepelekan sholat karena amal yang pertama ditanya adalah sholat. jika sholatnya baik maka baik juga amalan yang lain dan sebaliknya.
      seharusnya segera mandi janabah dan melaksanakan sholat subuh ketika masuk waktu subuh.
      waktu puasa sejak subuh sampai maghrib, jika waktu subuh boleh mandi junub dan puasanya sah maka begitu juga waktu lainnya.
      penting, orang yang sering meninggalkan sholat bisa dikategorikan kafir. wallahu'alam

      Hapus
  13. saya masihh tanda tanya besar, apakah sah atau tidaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah ada dalil yang shahih dan jelas tentang hukum suatu hal maka sudah menjadi keharusan untuk mengikutinya.

      Hapus
    2. Ente kayaknya blm ngerti.. puasa nya tetap sah sampe maghrib tiba. Hanya saja ente tetap kudu mandi wajib sebelum shubuh habis waktunya karna sholat itu wajib hukumnya. Klo ente kgak mandi mandi berarti ente kagak sholat2 seharian artinya. Klo kelewat shubuh ya ente dosa udah ninggalin sholat shubuh. Urusan ente lah sama Yang Maha Pemberi Azab yang pedih.. Intinya dalam mengerjakan ibadah puasa kita jg harus mengerjakan sholat 5 waktu dlm sehari itu aja. Kan gak mungkin sholat dlm keadaan junub. Gito loh broo..

      Hapus
    3. semoga lebih mudah dipahami. terima kasih Rahmad wacos atas tambahan penjelasannya

      Hapus
  14. sama saya juga masih ragu ini sah atau tidaj jika mandi junubnya kesiangan karena sekarang ini dilema antara bongkar puasa atau lanjutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus tetap dilanjutkan puasanya sampai maghrib karena belum mandi junub bukan penyebab puasa batal. yang harus dilakukan adalah segera mandi wajib agar dapat melakukan sholat.

      Hapus
    2. Ilmu yang bermanfaat,terima kasih dengan penjelasannya..

      Hapus
    3. terima kasih juga sudah mampir di artikel puasa mandi junub setelah subuh

      Hapus
  15. Intinya adalah puasa tetap sah bagi pria/wanita junub.. Selama itu bkn wanita yang sedang haid dan nifas. Sholat kan hukumnya wajib, makanya mandi wajib dulu sebelum shalat. Kalo kebablasan (kesiangan sampe jam 8) ya dosanya ditanggung sendiri karna ninggalin shalat shubuh.. tapi puasanya tetap sah (jalan) hanya saja jd ninggalin sholat shubuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga atas tambahan informasinya di artikel mandi wajib di bulan ramadhan

      Hapus
  16. Assalamualaikum...
    Sya dari malaysia...
    Nak bertanya...
    Seandainya seseorang keluar air mani segaja atau tanpa segaja dimalam hari lalu tidak mandi wajib sehingga aidilfitri tetapi selama ramadhan dia berpuasa, cuma tidak mandi wajib sebulan.
    Soalannya -Apakah puasanya sebulan itu sah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam, jika orang tersebut mandi setelah hari raya karena sengaja maka dia tidak sholat 1 bulan penuh. ada 2 pendapat mengenai hal ini pertama dia kafir karena meninggalkan sholat. orang kafir tidak sah amalnya termasuk puasanya. kedua dia terkena dosa besar sampai taubat bahkan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. pelaku dosa besar puasanya tetap sah. akan tetapi terhapus amal-amalnya termasuk puasanya karena tidak melaksanakan sholat, diantaranya sholat ashar. wallahu'alam.

      Hapus
  17. Jika belum mandi wajib kerana haid, tetapi sudah tiada darah yg keluar sewaktu pagi, apa hukumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika yang dimaksud sewaktu pagi adalah sebelum subuh maka puasanya sah seperti orang junub yang belum mandi wajib ketika masuk waktu subuh. namun jika yang dimaksud sewaktu pagi adalah setelah subuh yang artinya masih haid ketika masuk waktu subuh maka tidak boleh puasa. terima kasih atas kunjungannya di artikel mandi wajib bulan puasa

      Hapus
  18. Jika udah mandi wajib tapi mandi wajib nya gak betul atau tidak berurutan apakah tetap sah puasa nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rukun dari mandi wajib adalah niat dan meratakan air ke seluruh tubuh dan rambut. ada yang menambahkan harus memasukkan air ke hidung dan berkumur. jika semuanya telah dilakukan maka mandi janabah sah. namun yang sempurna dengan berurutan sesuai sunnah Nabi SAW. terima kasih sudah mampir di artikel hukum puasa tanpa mandi wajib sebelum subuh

      Hapus
  19. Ummul Chairat22 Juni 2016 05.40

    Ka mau nanya dong, klo kan subuhnya udh mandi wajib trus puasa. Pas taraweh ternyata aku haid lagi. Puasa yang hari itu sah gk ka?

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasi'y..sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga atas kunjungannya pada catatan puasa mandi wajib selepas subuh

      Hapus
  21. kalau niat puasa pas keadaan junub boleh apa tidak gan?

    BalasHapus
  22. mohon disertakan dalil dari al-quran dan hadist nya

    BalasHapus
  23. As,salam sy dari malaysia ingin bertanya..jika saya belum mandi wajib sebab lewat bangun dari tidur tampa sengaja hingga pukul 9 pagi kemudian sy terus mandi wajib pada waktu itu sah ke tidak puasa sy pada hari itu?tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam. pertanyaan serupa pernah ditanyakan sebelumnya. intinya, puasa sah mandi wajib pada pagi hari. namun hal penting disini adalah sholat subuh. jika tidak sengaja tidur (ketiduran) maka segera sholat ketika bangun tapi jika sengaja tidur sampai meninggalkan sholat maka ini dosa besar.

      Hapus
  24. hai mayasari....punyaku yang lebih awal tanya kok gak dibalas?...

    BalasHapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top